Langsung ke konten utama

Pembelajaran 1






Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya. Berikut adalah bacaan tentang keberagaman budaya Indonesia.
Bacalah teks berikut
Pawai Budaya

Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut. Kakek Udin pun terlihat sabar menanti. Terdengar suara gendang yang menandakan rombongan pawai semakin dekat.

Di barisan pawai terdepan terlihat rombongan dari Maluku. Rombongan laki-laki mengenakan kemeja putih, jas merah, dan topi tinggi dengan hiasan keemasan. Rombongan perempuan mengenakan baju Cele. Baju ini terdiri dari atasan putih berlengan panjang serta rok lebar merah. Langkah mereka diiringi oleh suara Tifa, alat musik dari Maluku. Bunyinya seperti gendang, namun bentuknya lebih ramping dan panjang. Budaya Maluku sangat unik dan menarik.
 
Budaya Bali terkenal karena bunyi musiknya yang berbeda. Rombongan dari Bali membunyikan alat musik daerahnya, Ceng-Ceng namanya. Alat ini berbentuk seperti dua keping simbal yang terbuat dari logam. Nyaring bunyinya ketika kedua keping ini dipadukan. 

Rombongan dari Bali diikuti oleh rombongan dari Toraja. Wanita Toraja memakai pakaian adat yang disebut baju Pokko. Rombongan laki-laki menggunakan pakaian adat yang disebut Seppa Tallung Buku. Rombongan Toraja membunyikan alat musik khas mereka, Pa’pompang namanya. Alat musik ini berupa suling bambu besar yang bentuknya seperti angklung. Unik bentuknya, unik pula bunyinya. Budaya Toraja sangat menarik untuk dipelajari.

Udin dan temanteman senang melihat pawai budaya. Selalu ada hal baru yang mereka perhatikan setiap tahun. Pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia selalu menyenangkan untuk diamati. Benar kata Ibu Udin, kebudayaan Indonesia memang sangat beragam. Kaya dan mengagumkan.


Tulislah nomor urut di sebelah kiri pada setiap paragraf dengan nomor 1 sampai 5. Bersama teman kelompokmu, jawablah pertanyaan berikut untuk paragraf pertama!


Apa yang dibicarakan pada paragraf ke-1?

Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf memiliki gagasan pokok yang didukung oleh gagasan pendukung. Gagasan pokok adalah ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, dapat berupa kalimat inti atau berupa pokok paragraf. Gagasan pendukung adalah uraian atau tambahan informasi untuk gagasan pokok.



Bacalah paragraf kedua dan temukan gagasan pokok dan gagasanpendukungnya. Kamu bisa berdiskusi dengan teman kelompokmu.
Sampaikan hasilnya di depan kelas.


Perhatikan diagram berikut ini!
Temukan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf 3, 4, dan 5.


Paragraf 3


 

Tuliskan kembali gagasan-gagasan pendukung dari paragraf 3, 4, dan 5. Sampaikan hasilnya kepada gurumu.



Indonesia adalah negara yang sangat beragam budaya, agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib menghargai keberagaman tersebut.
 
Bertanyalah kepada temanmu untuk mencari informasi tentang keberagaman suku bangsa di kelasmu!


No
Nama
Daerah Asal
Ciri Khas Daerah
1
Ani


2



3



  







Setelah mendapatkan informasi di atas, jawablah pertanyaan berikut.
1. Apakah kalian semua berasal dari daerah asal yang sama? Jelaskan!
2. Apakah kalian mempunyai ciri khas daerah yang sama? Jelaskan!
3. Bagaimana sikap yang seharusnya kalian tunjukkan terhadap perbedaan yang ada?
 
Selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, Indonesia juga kaya akan jenis alat musik. Berikut adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Cara memainkannya berbeda-beda. Kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik. Angklung yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan. Saluang yang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup. Kendang yang berasal dari Jawa Barat dan Tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.

 

Catatlah hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini!

Nama Benda
Cara Menghasilkan Bunyi
Terompet
Terompet ditiup sehingga terjadi getaran udara dalam terompet, getaran tersebut menghasilkan bunyi.




 
Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran darisuatu benda akan mengakibatkan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut menimbulkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.Bunyi dapat merambat melaluibenda padat, cair, dan gas. Akan tetapi, bunyi tidak dapat merambat pada ruang hampa.
 

Secara berkelompok, bunyikanlah berbagai jenis barang seperti botol, sendok,ember, dan tutup panci. Usahakanlah agar bunyi yang dihasilkan enak didengar.
Apakah bunyi yang dihasilkan dari benda-benda itu sudah enak didengar? Mengapa?


Dalam kehidupan sehari-hari, banyak perbedaan yang kita temui, mulaidari perbedaan agama, suku, ras, hingga warna kulit. Sebagaimana halnya sebuah permainan musik yang terdiri atas berbagai alat, kehidupan nyata yang penuh dengan perbedaan pun dapat berdampingan dengan baik, asalkan setiap orang dapat saling menghargai keberagaman.
 


 
 




 

 

 


 

 
 
 
 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran 4

Amatilah kain tradisional nusantara berikut ini. Temukan segi banyak pada pola kain-kain di atas. Segi banyak dibedakan menjadi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan. Kita akan bereksplorasi untuk menemukan perbedaannya. 1.       Amati dua bangun berikut. (jiplak ke kertas lain)                                                   A                                                 B 2.       Ukurlah dengan penggaris, panjang setiap sisi bangun A dan B. Apakah panjangnya sama? 3.   Bagaimana dengan ukuran sudutnya? Ukurlah dengan menggunting bagian ujung dan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya. 4.       Tuliskan hasil percobaanmu pada tabel berikut. Bangun A Bangun B Apakah nama bangun? Ada berapa banyak sisi? Apakah panjang semua sisi sama? Ada berapa sudut? Apakah besar semua sudut sama? Segi banyak beraturan me

Pembelajaran 2

Pada saat menyaksikan Pawai Budaya, Udin sangat kagum dengan keindahan keberagaman budaya. Temukan sebanyak-banyaknya bangun datar yang ada pada gambar diatas. Apakah segi banyak itu? Segi banyak adalah kurva tertutup yang dibatasi oleh garis. Bentuk berikut adalah segi banyak. Bentuk berikut adalah bukan segi banyak. Berdasarkan bentuk di atas, diskusikan dengan kelompokmu 1.       Apakah segi banyak adalah kurva tertutup? Jelaskan! 2.       Apakah sisi segi banyak adalah garis lurus? Nah, sekarang coba amati lingkungan di sekitarmu. Bentuk segi banyak apa saja yang kamu temukan? Bentuk bukan segi banyak apa saja yang kamu temukan? Tulis hasil pengamatanmu di bawah ini! (masing-masing minimal 2) Segi B

TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku

Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmatnya kami dapat menyelesaikan modul Kurikulum 2013 untuk siswa kelas 4 SD ini. Modul ini disusun berdasarkan Standar Kurikulum 2013 yang lebih menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan belajar. Modul ini juga dilengkapi dengan berbagai latihan untuk menguji kemampuan siswa. Penggunaan bahasa pada modul ini disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa agar dapat dipahami dengan mudah. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan modul ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran demi perbaikan dan kesempurnaan modul ini. Akhir kata, kami mengucapkan terimakasih kepada ibu Siti Ningsih, M.Pd selaku dosen pembimbng mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar dan berbagai pihak yang telah membantu proses penyusunan modul ini. Semoga modul ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya kepada para siswa. Mataram, 3 Juni 2018