Langsung ke konten utama

Pembelajaran 3

Tahukah kamu, bahwa Indonesia juga kaya dengan permainan tradisional?
Bacalah teks berikut sebelum kamu mempraktikkannya!

Benteng-Bentengan 

Benteng-bentengan atau Rerebonan adalah permainan yang dimainkan oleh dua kelompok penawan dan tertawan. Masing-masing kelompok terdiri atas empat sampai dengan delapan orang dan memiliki satu tempat sebagai markas. Markas atau ‘benteng’ bisa berupa sebuah tiang, pohon, atau pilar.

Gobak Sodor

Permainan Gobak Sodor atau Galah Asin atau Galasin dilakukandi lapangan. Arena bermainnya merupakan kotak persegi panjang dan dibagi menjadi beberapa bagian secara horizontal dan vertikal.



Tahukah kamu bahwa untuk bermain Benteng-bentengan dan Gobak Sodordengan baik diperlukan beberapa keterampilan, di antaranya jalan, lari, dan lompat?
Nah sekarang saatnya kamu bermain. Lakukan pemanasan terlebih dahulu dengan arahan dari guru.

Tuliskan pengalamanmu saat mencoba salah satu permainan tradisional.
Diskusikan jawabanmu dengan jawaban teman sekelompokmu!
1.    Apa yang membuat kamu tertarik dengan kedua permainan tradisionaltersebut? Jelaskan!
2.    Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut?
3.    Bagaimana strategi kelompokmu untuk dapat memenangkan permainan itu?
4.   Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saat kelompokmu menang ataukalah dalam permainan?
5.   Hal baik apa saja yang dapat kamu pelajari dari permainan itu?

Selain memiliki permainan tradisional yang beragam, Indonesia memilikimusik tradisional yang beragam pula. Bunyi yang dihasilkan suatu benda berbeda-beda. Demikian pula dengan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik tradisional. Sebuah benda dapat menghasilkan bunyi dikarenakan benda tersebut bergetar seperti halnya alat musik. Contonya gendang menghasilkan bunyi karena bagian yang ditabuh mengalami getaran. Selain itu, bunyi juga dapat merambat sehingga bunyi tersebut sampai dan dapat didengar oleh telinga kita. 

Bagaimana bunyi tersebut bisa sampai ke telinga kita?
Lakukan percobaan berikut dalam kelompokmu!

Percobaan 1
Tujuan: Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui udara.
Alat dan bahan:
Slang plastik (Panjang 2 meter atau lebih)
Langkah kerja:
1.      Pegang salah satu ujung selang dan minta temanmu memegang ujung lainnya.
2.      Dekatkan ujung slang ke telinga.
3.      Minta temanmu berbicara melalui ujung slang yang ia pegang.
4.     Dengarkan dan catat apa yang ia sampaikan. Berikan hasilnya kepada temanmu untuk diperiksa. 


Isilah tabel berikut berdasarkan hasil percobaan!

Percobaan Ke
Media/Perantara Bunyi
Bunyi yang dihasilkan
Terdengar
Tidak Terdengar
1



















Bunyi dapat merambat melalui benda padat, benda cair dan benda gas. Bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa, contohnya di luar angkasa.

Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Siap Menghadapi Musim Hujan.
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram berikut.

Paragraf 1





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran 4

Amatilah kain tradisional nusantara berikut ini. Temukan segi banyak pada pola kain-kain di atas. Segi banyak dibedakan menjadi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan. Kita akan bereksplorasi untuk menemukan perbedaannya. 1.       Amati dua bangun berikut. (jiplak ke kertas lain)                                                   A                                                 B 2.       Ukurlah dengan penggaris, panjang setiap sisi bangun A dan B. Apakah panjangnya sama? 3.   Bagaimana dengan ukuran sudutnya? Ukurlah dengan menggunting bagian ujung dan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya. 4.       Tuliskan hasil percobaanmu pada tabel berikut. Bangun A Bangun B Apakah nama bangun? Ada berapa banyak sisi? Apakah panjang semua sisi sama? Ada berapa sudut? Apakah besar semua sudut sama? Segi banyak beraturan me

Pembelajaran 2

Pada saat menyaksikan Pawai Budaya, Udin sangat kagum dengan keindahan keberagaman budaya. Temukan sebanyak-banyaknya bangun datar yang ada pada gambar diatas. Apakah segi banyak itu? Segi banyak adalah kurva tertutup yang dibatasi oleh garis. Bentuk berikut adalah segi banyak. Bentuk berikut adalah bukan segi banyak. Berdasarkan bentuk di atas, diskusikan dengan kelompokmu 1.       Apakah segi banyak adalah kurva tertutup? Jelaskan! 2.       Apakah sisi segi banyak adalah garis lurus? Nah, sekarang coba amati lingkungan di sekitarmu. Bentuk segi banyak apa saja yang kamu temukan? Bentuk bukan segi banyak apa saja yang kamu temukan? Tulis hasil pengamatanmu di bawah ini! (masing-masing minimal 2) Segi B

TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku

Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmatnya kami dapat menyelesaikan modul Kurikulum 2013 untuk siswa kelas 4 SD ini. Modul ini disusun berdasarkan Standar Kurikulum 2013 yang lebih menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan belajar. Modul ini juga dilengkapi dengan berbagai latihan untuk menguji kemampuan siswa. Penggunaan bahasa pada modul ini disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa agar dapat dipahami dengan mudah. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan modul ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran demi perbaikan dan kesempurnaan modul ini. Akhir kata, kami mengucapkan terimakasih kepada ibu Siti Ningsih, M.Pd selaku dosen pembimbng mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar dan berbagai pihak yang telah membantu proses penyusunan modul ini. Semoga modul ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya kepada para siswa. Mataram, 3 Juni 2018