Langsung ke konten utama

Pembelajaran 6








Setiap suku memiliki ciri khas masing-masing. Apakah kamu masih ingat tentang ciri khas Suku Minang? Apa saja yang kamu ingat tentang suku tersebut?



Baca kembali teks tentang Suku Minang, kemudian temukan dan tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf berikut.

Paragraf 1
Paragraf 2
Paragraf 3
Paragraf 4
Paragraf 5
Tulis kesimpulanmu tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung!

Ceritakan kembali kepada temanmu tentang Suku Minang

Indonesia terdiri atas keragaman suku, budaya, agama, dan sosial. Keragaman tersebut merupakan identitas bangsa Indonesia. Sebagai warga negara yang baik kita harus menjaga persatuan dan kesatuan dalam perbedaan dan keberagaman tersebut.

Buatlah rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam perbedaan di lingkungan sekolahmu!







Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia, seperti permainan Benteng-bentengan dan Gobak Sodor.
Apakah kamu masih ingat cara memainkan permainan tersebut?
Keterampilan apa saja yang kamu perlukan agar dapat bermain dengan baik? Bagaimana strategi memenangkan permainan tersebut?

Diskusikan secara berkelompok dan tuliskan hasilnya bersama teman kelompokmu.!

Sekarang saatnya kamu mencoba kembali permainan Benteng-bentengan dan Gobak Sodor.
Perhatikan langkah-langkah berikut.
1.      Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bermain. Ikuti arahan guru!
2.      Perhatikan guru mempraktikkan keterampilan jalan, lari, dan lompat dengan benar untuk permainan tersebut!
3.      Bermainlah dengan sportif dan terapkan keterampilan jalan, lari, dan lompat secara benar!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran 4

Amatilah kain tradisional nusantara berikut ini. Temukan segi banyak pada pola kain-kain di atas. Segi banyak dibedakan menjadi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan. Kita akan bereksplorasi untuk menemukan perbedaannya. 1.       Amati dua bangun berikut. (jiplak ke kertas lain)                                                   A                                                 B 2.       Ukurlah dengan penggaris, panjang setiap sisi bangun A dan B. Apakah panjangnya sama? 3.   Bagaimana dengan ukuran sudutnya? Ukurlah dengan menggunting bagian ujung dan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya. 4.       Tuliskan hasil percobaanmu pada tabel berikut. Bangun A Bangun B Apakah nama bangun? Ada berapa banyak sisi? Apakah panjang semua sisi sama? Ada berapa sudut? Apakah besar semua sudut sama? Segi banyak beraturan me

Pembelajaran 2

Pada saat menyaksikan Pawai Budaya, Udin sangat kagum dengan keindahan keberagaman budaya. Temukan sebanyak-banyaknya bangun datar yang ada pada gambar diatas. Apakah segi banyak itu? Segi banyak adalah kurva tertutup yang dibatasi oleh garis. Bentuk berikut adalah segi banyak. Bentuk berikut adalah bukan segi banyak. Berdasarkan bentuk di atas, diskusikan dengan kelompokmu 1.       Apakah segi banyak adalah kurva tertutup? Jelaskan! 2.       Apakah sisi segi banyak adalah garis lurus? Nah, sekarang coba amati lingkungan di sekitarmu. Bentuk segi banyak apa saja yang kamu temukan? Bentuk bukan segi banyak apa saja yang kamu temukan? Tulis hasil pengamatanmu di bawah ini! (masing-masing minimal 2) Segi B

TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku

Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmatnya kami dapat menyelesaikan modul Kurikulum 2013 untuk siswa kelas 4 SD ini. Modul ini disusun berdasarkan Standar Kurikulum 2013 yang lebih menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan belajar. Modul ini juga dilengkapi dengan berbagai latihan untuk menguji kemampuan siswa. Penggunaan bahasa pada modul ini disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa agar dapat dipahami dengan mudah. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan modul ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran demi perbaikan dan kesempurnaan modul ini. Akhir kata, kami mengucapkan terimakasih kepada ibu Siti Ningsih, M.Pd selaku dosen pembimbng mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar dan berbagai pihak yang telah membantu proses penyusunan modul ini. Semoga modul ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya kepada para siswa. Mataram, 3 Juni 2018