Langsung ke konten utama

Pembelajaran 5


Bacalah teks berikut dalam hati!

Suku Minang

             Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi  Sumatra Barat. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau  Urang Awak. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.

             Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang disebut Rumah Gadang.Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.

Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang disebut talempong. Talempong dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.

Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari Pasambahan dan tari Piring. Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.


Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.



Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Suku Minang?
Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang suku tersebut dan diskusikan jawabannya dengan teman satu kelompokmu!



Cari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu. Tuliskan hasil temuanmu.

Pada pertemuan sebelumnya kamu telah belajar gerakan dasar tari Bungong Jeumpa dalam posisi berdiri. Apakah kamu masih ingat gerakan dasar tersebut?


Diskusikan dan peragakan secara berpasangan gerakan dasar tersebut.
Sekarang kamu akan mempelajari gerakan dasar berikutnya, yaitu gerakan pada saat posisi duduk.

Amati dan baca keterangan pada gambar berikut.

Gerakan F


Tangan kanan di bahu dan tangan kiri di paha. 
Ditepuk dua kali secara bersamaan. 
Lakukan secara bergantian kanan dan kiri.
Hitungan 4x8

Gerakan G


Tangan kanan berdiri dan tangan kiri memegang siku. 
Tangan kiri berdiri dan tangan kanan memegang siku. 
Kemudian tepuk 2X. Lakukan secara bergantian
Hitungan 2x8

Gerakan H


Kedua tangan tepuk lurus ke depan. 
Tepuk ke tengah. Tepuk ke atas. 
Tepuk ke tengah. Ketika tepuk atas badan diangkat.
Hitungan 4x8


Gerakan I


Kedua tangan memegang lantai, serong ke kanan dan ke kiri. 
Ditarik ke atas tangan lurus serong ke kanan dan ke kiri. Bergantian.
Hitungan 2x8

Praktikkan gerakan dasar duduk tari Bungong Jeumpa di atas. Perhatikan instruksi dan peragaan dari gurumu.


Amati kembali tangram yang telah kamu buat. Diskusikan secara berpasangan bangun yang digunakan untuk membentuk tangram tersebut.
Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak tidak beraturan? Jelaskan.


Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak beraturan?

Bagaimana caramu membedakan antara segi banyak beraturan dengan segi banyak tidak beraturan? Tuliskan pada diagram frayer berikut.


Presentasikan diagram yang telah kamu buat kepada teman di sebelahmu!




Komentar

  1. casino and poker for US players | Dr.MCD
    Casino games, poker machines, roulette tables, 통영 출장샵 and live dealer 진주 출장샵 casino tables can be found 전주 출장마사지 in 청주 출장마사지 the casino. Many players are playing for money and make big returns 순천 출장안마

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran 4

Amatilah kain tradisional nusantara berikut ini. Temukan segi banyak pada pola kain-kain di atas. Segi banyak dibedakan menjadi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan. Kita akan bereksplorasi untuk menemukan perbedaannya. 1.       Amati dua bangun berikut. (jiplak ke kertas lain)                                                   A                                                 B 2.       Ukurlah dengan penggaris, panjang setiap sisi bangun A dan B. Apakah panjangnya sama? 3.   Bagaimana dengan ukuran sudutnya? Ukurlah dengan menggunting bagian ujung dan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya. 4.       Tuliskan hasil percobaanmu pada tabel berikut. Bangun A Bangun B Apakah nama bangun? Ada berapa banyak sisi? Apakah panjang semua sisi sama? Ada berapa sudut? Apakah besar semua sudut sama? Segi banyak beraturan me

Pembelajaran 2

Pada saat menyaksikan Pawai Budaya, Udin sangat kagum dengan keindahan keberagaman budaya. Temukan sebanyak-banyaknya bangun datar yang ada pada gambar diatas. Apakah segi banyak itu? Segi banyak adalah kurva tertutup yang dibatasi oleh garis. Bentuk berikut adalah segi banyak. Bentuk berikut adalah bukan segi banyak. Berdasarkan bentuk di atas, diskusikan dengan kelompokmu 1.       Apakah segi banyak adalah kurva tertutup? Jelaskan! 2.       Apakah sisi segi banyak adalah garis lurus? Nah, sekarang coba amati lingkungan di sekitarmu. Bentuk segi banyak apa saja yang kamu temukan? Bentuk bukan segi banyak apa saja yang kamu temukan? Tulis hasil pengamatanmu di bawah ini! (masing-masing minimal 2) Segi B

TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku

Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmatnya kami dapat menyelesaikan modul Kurikulum 2013 untuk siswa kelas 4 SD ini. Modul ini disusun berdasarkan Standar Kurikulum 2013 yang lebih menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan belajar. Modul ini juga dilengkapi dengan berbagai latihan untuk menguji kemampuan siswa. Penggunaan bahasa pada modul ini disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa agar dapat dipahami dengan mudah. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan modul ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran demi perbaikan dan kesempurnaan modul ini. Akhir kata, kami mengucapkan terimakasih kepada ibu Siti Ningsih, M.Pd selaku dosen pembimbng mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar dan berbagai pihak yang telah membantu proses penyusunan modul ini. Semoga modul ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya kepada para siswa. Mataram, 3 Juni 2018