Langsung ke konten utama

TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku

Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmatnya kami dapat menyelesaikan modul Kurikulum 2013 untuk siswa kelas 4 SD ini. Modul ini disusun berdasarkan Standar Kurikulum 2013 yang lebih menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan belajar. Modul ini juga dilengkapi dengan berbagai latihan untuk menguji kemampuan siswa. Penggunaan bahasa pada modul ini disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa agar dapat dipahami dengan mudah.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan modul ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran demi perbaikan dan kesempurnaan modul ini.
Akhir kata, kami mengucapkan terimakasih kepada ibu Siti Ningsih, M.Pd selaku dosen pembimbng mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar dan berbagai pihak yang telah membantu proses penyusunan modul ini. Semoga modul ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya kepada para siswa.
Mataram, 3 Juni 2018

                                                                                                                                          Tim Penulis 


Peta Konsep


Pendahuluan
Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri mulai dari agama, bahasa, makanan, adat istiadat, alat musik dan sebagainya. Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya.
Menghargai satu sama lain dan saling toleransi atas perbedaan tersebut merupakan bentuk mensyukuri perbedaan yang telah dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Tujuan 
Setelah mempelajari modul ini, siswa dapat mencapai tujuan dari pembelajaran. Siswa diharapkan dapat menerima dan bersyukur atas keberagaman yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa, memiliki sikap menghargai terhadap perbedaan suku bangsa, dapat mencermati gagasan pokok teks, menganalisis sifat – sifat segi banyak beraturan dan tidak beraturan, memahami gerak dasar lokomotor dan non lokomotor serta manipulatif, mengidentifikasi keragaman di setiap daerah, menerapkan sifat – sifat bunyi, memahami serta memperagakan tarian daerah dan permainan daerah.

Komentar

  1. Online Casino | Bet on your favourite games with bonus
    Our mobile casino provides you with a complete online casino experience with the Bet on the best games 인카지노 with bonus youtube mp4 offers! kadangpintar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran 4

Amatilah kain tradisional nusantara berikut ini. Temukan segi banyak pada pola kain-kain di atas. Segi banyak dibedakan menjadi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan. Kita akan bereksplorasi untuk menemukan perbedaannya. 1.       Amati dua bangun berikut. (jiplak ke kertas lain)                                                   A                                                 B 2.       Ukurlah dengan penggaris, panjang setiap sisi bangun A dan B. Apakah panjangnya sama? 3.   Bagaimana dengan ukuran sudutnya? Ukurlah dengan menggunting bagian ujung dan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya. 4.       Tuliskan hasil percobaanmu pada tabel berikut. Bangun A Bangun B Apakah nama bangun? Ada berapa banyak sisi? Apakah panjang semua sisi sama? Ada berapa sudut? Apakah besar semua sudut sama? Segi banyak beraturan me

Pembelajaran 2

Pada saat menyaksikan Pawai Budaya, Udin sangat kagum dengan keindahan keberagaman budaya. Temukan sebanyak-banyaknya bangun datar yang ada pada gambar diatas. Apakah segi banyak itu? Segi banyak adalah kurva tertutup yang dibatasi oleh garis. Bentuk berikut adalah segi banyak. Bentuk berikut adalah bukan segi banyak. Berdasarkan bentuk di atas, diskusikan dengan kelompokmu 1.       Apakah segi banyak adalah kurva tertutup? Jelaskan! 2.       Apakah sisi segi banyak adalah garis lurus? Nah, sekarang coba amati lingkungan di sekitarmu. Bentuk segi banyak apa saja yang kamu temukan? Bentuk bukan segi banyak apa saja yang kamu temukan? Tulis hasil pengamatanmu di bawah ini! (masing-masing minimal 2) Segi B