Langsung ke konten utama

Tes Formatif Pilihan Ganda

A.     Pilihlah jawaban yang benar
Bacalah teks berikut untuk menjawab nomor 1 dan 2
Pawai Budaya sangat menarik bagi warga Kampung Babakan. Pawai ini selalu menampilkan keragaman budaya Indonesia. Udin dan teman-teman tidak pernah bosan menanti rombongan pawai lewat. Tahun ini mereka datang ke alun-alun untuk melihat pawai tersebut.
1     1. Udin dan kawan – kawan pergi ke alun – alun untuk …
a.       Menonton pawai budaya              c. Menonton pertunjukkan
b.      Menonton pawai obor                   d. Menonton pentas seni
       2. Gagasan pokok kalimat tersebut terdapat pada kalimat ke …
a.       4                                                    c. 2
b.      3                                                    d. 1
                                                          
3. Nama alat musik di atas adalah …
           a.       Seruling                        c. Angklung
           b.      Kecapi                           d. Tifa 

      4. Bunyi dihasilkan oleh sumber bunyi karena sumber bunyi …
a.       Mengalami pemanasan                 c. Mengalami getaran
b.      Mengalami perubahan suhu          d. Mengalami pendinginan
     5. Kita bisa mendengar suara teman kita saat berbicara karena bunyi merambat melalui …
a.       Udara                                            c. Tanah
b.      Air                                                 d. Cahaya
     6. Di bawah ini yang tidak termasuk bangun datar segi banyak adalah …
a.       Persegi                                           c. Segi tiga
b.      Lingkaran                                      d. Persegi panjang
     7.  Di bawah ini yang termasuk segi banyak beraturan adalah …

    8. Suku minang memiliki banyak tarian, salah satunya adalah tarian …
a.       Tari rudat                                      c. Tari piring  
b.      Tari zaman                                    d. Tari kecak
     9.  Indonesia memiliki keberagaman budaya, cara menyikapi keberagaman tersebut adalah …
a.       Saling menghormati
b.      Tidak bermain bersama teman beda suku
c.       Mengejek suku lain
d.      Bersikap tidak peduli kepada sesama
     10. Tari kipas adalah tarian yang berasal dari daerah …
a.       Aceh                                              c. Bali
b.      Minang                                          d. Gowa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembelajaran 4

Amatilah kain tradisional nusantara berikut ini. Temukan segi banyak pada pola kain-kain di atas. Segi banyak dibedakan menjadi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan. Kita akan bereksplorasi untuk menemukan perbedaannya. 1.       Amati dua bangun berikut. (jiplak ke kertas lain)                                                   A                                                 B 2.       Ukurlah dengan penggaris, panjang setiap sisi bangun A dan B. Apakah panjangnya sama? 3.   Bagaimana dengan ukuran sudutnya? Ukurlah dengan menggunting bagian ujung dan menempelkan satu sudut ke sudut lainnya. 4.       Tuliskan hasil percobaanmu pada tabel berikut. Bangun A Bangun B Apakah nama bangun? Ada berapa banyak sisi? Apakah panjang semua sisi sama? Ada berapa sudut? Apakah besar semua sudut sama? Segi banyak beraturan me

Pembelajaran 2

Pada saat menyaksikan Pawai Budaya, Udin sangat kagum dengan keindahan keberagaman budaya. Temukan sebanyak-banyaknya bangun datar yang ada pada gambar diatas. Apakah segi banyak itu? Segi banyak adalah kurva tertutup yang dibatasi oleh garis. Bentuk berikut adalah segi banyak. Bentuk berikut adalah bukan segi banyak. Berdasarkan bentuk di atas, diskusikan dengan kelompokmu 1.       Apakah segi banyak adalah kurva tertutup? Jelaskan! 2.       Apakah sisi segi banyak adalah garis lurus? Nah, sekarang coba amati lingkungan di sekitarmu. Bentuk segi banyak apa saja yang kamu temukan? Bentuk bukan segi banyak apa saja yang kamu temukan? Tulis hasil pengamatanmu di bawah ini! (masing-masing minimal 2) Segi B

TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN Subtema 1 Keragaman Budaya Bangsaku

Kata Pengantar Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmatnya kami dapat menyelesaikan modul Kurikulum 2013 untuk siswa kelas 4 SD ini. Modul ini disusun berdasarkan Standar Kurikulum 2013 yang lebih menempatkan siswa sebagai pusat kegiatan belajar. Modul ini juga dilengkapi dengan berbagai latihan untuk menguji kemampuan siswa. Penggunaan bahasa pada modul ini disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa agar dapat dipahami dengan mudah. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan modul ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran demi perbaikan dan kesempurnaan modul ini. Akhir kata, kami mengucapkan terimakasih kepada ibu Siti Ningsih, M.Pd selaku dosen pembimbng mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar dan berbagai pihak yang telah membantu proses penyusunan modul ini. Semoga modul ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya kepada para siswa. Mataram, 3 Juni 2018